Sabtu, 21 Maret 2015

ANALISIS ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN


"PUDDING JAGUNG"

KELOMPOK 5
-NURHAYATI           20130410465
-Purnama sari        20130410474
-Romi yulaema       20103401502
-Utari prihartini    20130410495

ASPEK EKSTERNAL
1.PELANGGAN
Target pelanggan kami yakni hanya 15orang perhari , ini berdasarkan pengamatan dari pengalaman-pengalaman para senior yang sudah lebih dulu melewati praktek bisnis ini . Hingga kami hanya berani mengambil keputusan 15pelanggan/hari
SIAPA PELANGGAN NYA ?
Kita menargetkan pelanggan/konsumen kita adalah para mahasiswa yang ada di gedung D dan juga teman-teman sejawat.
KEPUASAN DAN BAGAIMANA CARA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN?
Produk yang kami jual yakni makanan sehat yang bebas pengawet dan bagus untuk kesehatan hingga konsumen bisa mengkonsumsi nya kapan saja. Untuk kepuasan pelanggan dan mempertahankan pelanggan kita tidak hanya mengutamakan produk yang sehat dikonsumsi saja yakni juga pelayanan yang ramah dan harga yang relatif murah hingga konsumen nanti nya merasa kepuasan tersendiri hingga akhirnya memutuskan untuk kembali lagi dan melakukan repeat order
PERILAKU KONSUMEN 
Mengapa konsumen bisa memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi produk kami ? Alasan nya adalah karena adanya sebuah kebutuhan yakni kebutuhan untuk makan dan juga tentunya makanan yang kami jual ini baik untuk kesehatan karena menggunakan bahan-bahan yang memang bagus untuk kesehatan yakni salah satu nya adalah agar-agar dimana kita semua sudah tahu bahan baku agar-agar itu adalah rumput laut yang khasiat nya baik untuk kesehatan tubuh dan tidak menimbulkan penyakit seperti makanan pasar lain nya yang dimana diluaran sana banyak sekali penjual jajanan pasar yang memperjualkan jajanan yang berakibat pada kesehatan tubuh kita hingga menimbulkan penyakit yang tak pernah kita inginkan. Maka dari itu konsumen bisa memutuskan untuk mengkonsumsi Pudding Jagung yang sudah pasti tidak menggunakan bahan pengawet dan baik untuk kesehatan tubuh
2.PANGSA PASAR
Sasaran pasar kita adalah mahasiswa FE yang berada di gedung D yang di perkirakan ada 20 kelas yang dimana 1 kelas nya berisi 40 mahasiswa jadi ada sekitar 800 orang yang berada di gedung D.
Pada jam istirahat/jeda kuliah ataupun yang sedang menunggu untuk masuk kuliah kami asumsikan ada 30% di parkiran belakang gedung D 30% di taman batu dan 40% di Lobby gedung D .
Dari perkiraan tersebut kami mengasumsikan yang setelah kuliah masih menunggu di kampus yakni ada sekitar 30 orang di parkiran belakang gedung D , 50 orang di taman batu dan 40 orang di lobby D yang masih menunggu mata kuliah selanjutnya dan selebih nya akan pulang atau ke kantin sementara menunggu waktu masuk perkuliahan selanjutnya. Dari data tersebut karena kami akan mengambil tempat berjualan yakni di depan gedung D jadi dari 90 orang yang berada di depan gedung D yaitu yang di Lobby D dan taman batu hanya akan ada 17% dari 90 orang atau dengan kata lain 15 pelanggan perhari nya nya dalam waktu pukul 09.30-15.00 WIB .
3.PESAING 
Untuk Pudding jagung mungkin di kampus kita belum mempunyai pesaing karena memang pada dasarnya Pudding Jagung ini kebanyakan orang membuat nya hanya untuk makanan keluarga di sela-sela waktu santai saat kumpul keluarga. Tapi pesaing penjual jajanan pasar lain nya tentu saja banyak, karena kita belum tahu sepenuhnya selera konsumen kebanyakan yang seperti apa ? Menyukai jajanan yang manis atau pedas ? Maka dari itu kita menggunakan kekuatan kita yakni membuat Pudding jagung dengan varian rasa yang lezat dan mempromosikan nya dengan gencar hingga konsumen tertarik dan membeli produk yang kami jual hingga kami mampu bersaing dengan pesaing lain nya dengan membuat produk yang tidak mengutamakan rasa tapi juga cara mempromosikan nya

ASPEK INTERNAL
1. KEPUTUSAN PRODUK
Produk yang kami sajikan yakni makanan/jajanan pasar yaitu Pudding jagung. Dimana pada dasarnya kebanyakan orang menyukai jagung tetapi biasa nya hanya mengkonsumsi jagung bakar/rebus, kali ini kita menyajikan jagung dengan varian yang berbeda yakni Pudding Jagung untuk para pencinta jagung dengan varian rasa nya yang lezat, lembut dan manis.
2.KEPUTUSAN HARGA
Harga yang kami tetapkan untuk Pudding jagung ini adalah kisaran Rp.5.000/cup Untuk harga promosi kita memberikan harga Rp.4.500/cup untuk 2 pembeli pertama saja
3. KEPUTUSAN PROMOSI
Kami akan mempromosikan produk kami menggunakan Personal selling dan juga Sales Promotion
4.KEPUTUSAN TEMPAT
Tempat yang kami putuskan yakni di depan gedung D dimana biasa nya banyak mahasiswa yang duduk di lobby gedung D dan juga di taman batu hingga calon konsumen lebih mudah dan gampang untuk bisa membeli produk yang kami jual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar